Wag Tail CARA MENGUNAKAN MAIL MARGE MICROSOFT WORD DENGAN DATA DI MICROSOFT EXCEL - Teknik Informatika

CARA MENGUNAKAN MAIL MARGE MICROSOFT WORD DENGAN DATA DI MICROSOFT EXCEL

00.53



                                                          MAIL MARGE
                   MICROSOFT WORD DENGAN DATA DI MICROSOFT EXCEL

Anda ingin mencetak beberapa dokumen yang berasal dari satu dokumen word yang sama tapi beberapa isinya berubah-ubah seperti nama, alamat, dan cabang?

Jawabannya adalah dengan mengunakan fasilitas Mail Merge. Dan fasilitas ini adalah salah yang paling banyak digunakan oleh diantaranya oleh para sekretaris dan admin untuk membuat surat undangan, membuat sertifikat, amplop, dan lain-lain.

Sebagai contoh untuk artikel ini, penulis akan mengirim laporan bonus bulanan buat para sales. Data sumber akan menggunakan data dari Excel 2010 dan aplikasi Word juga versi 2010.
  1. Jalankan apikasi Excel, dan buat worksheet dengan data seperti terlihat pada gambar berikut. Namakan file tersebut data_input.xlsx   
 
  • Buat dokumen word sebagai dasar untuk mail merge ke dokumen Excel di atas.  
 
  • Pada menu bar (ribbon) dokumn Word, klik tab Mailings. 
 
·         Pilih menu Select Recipients | Use Existing List. Dan buka file exel yang telah anda buat tadi.(seperti contoh nama data tadi yakni : data_input.xlsx)
  • Pada dialog Select Table, pilih sheet yang anda gunakan pada data exel tadi.(contoh yang saya gunakan yakni menggunakan sheet 1 dan pilih Sheet1$) dan klik OK..  
 
  • Perhatikan bahwa beberapa menu mail merge yang sebelumnya tidak aktif sekarang menjadi aktif.
  • Tempatkan cursor pada bagian entri Nama, dan pilih menu Insert Merge Field | Nama. 
 
  • Field Nama akan dimasukkan ke dokumen dengan format <<Nama>>. 
 
  • Dengan cara yang sama masukkan Periode, Nama, Periode dan Jumlah Bonus pada dokumen tersebut. 
 
  • Sekarang kita akan coba lihat dokumen yang digabungkan dengan data tersebut. Klik tombol Preview Results. 
 
  • Terlihat dokumen sudah tergabung, coba lakukan navigasi data dengan mengklik panah kanan / kiri di groupPreview Results. 
 
  • Sekarang Anda siap mencetak atau mengirimkan dokumen ini. Untuk mencetak dokumen, klik menu Finish & Merge | Print Documents… dan ikuti langkah print seperti yang biasa Anda lakukan. 
 
  • Selesai.




sumber : http://www.belajarexcel.info/2013/09/cara-menggunakan-mail-merge.html 

You Might Also Like

0 komentar

Instagram

Like us on Facebook

Flickr Images